PPS Kendari akan Bangun Sistem informasi Aktivitas Kapal Perikanan Secara Real Time - KABAR PPS KENDARI

KABAR PPS KENDARI

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Direktorat Jenderal PerikananTangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan

DERETAN PIMPINAN PPS KENDARI

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 06 Maret 2018

PPS Kendari akan Bangun Sistem informasi Aktivitas Kapal Perikanan Secara Real Time


 
Recky Pangemanan, S.St.Pi.,M.Si (Kepala Seksi Operasional Pelabuhan) saat melakukan pertemuan dengan staffnya terkait Tim Kerja Sistem Informasi Aktivitas Kapal Secara Real Time bertempat di Ruang Rapat PPS Kendari (06/3/2018). Foto: Fin

PPS Kendari (06/3) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari akan bangun sistem informasi aktifitas kapal perikanan secara Real Time. Melalui Seksi Operasional Pelabuhan, Recky Pangemanan,S.St.Pi.,M.Si, mengungkapkan Sistem informasi ini kemudian akan diperlukan dalam pengambilan keputusan internal/eksternal mulai dari saat kapal bersandar maupun berangkat mengingat PPS Kendari merupakan salah satu pelabuhan tersibuk dengan frekuensi kunjungan kapal perikanan sebanyak 25 kapal/hari.

Melalui sistem informasi ini, syahbandar perikanan dapat menginformasikan jumlah kapal yang berada dimasing-masing dermaga yang berbeda karakteristik untuk dilakukan penataan secara cepat dan tepat. Posisi kapal perikanan yang akan melakukan bongkar dapat terpantau dengan baik, sehingga waktu dan tenaga serta kehilangan data oleh petugas pendataan dan inspektor pembongkar ikan dapat ditekan.

Sistem informasi aktivitas kapal perikanan ini nantinya memuat informasi diantaranya nama kapal, jenis kapal, waktu kapal tiba/berangkat, jenis ikan, mutu ikan serta harga ikan sehingga Para pembeli ikan atau masyarakat umum dapat mengetahuinya secara langsung.

Ketersediaan data dan informasi secara real time diharapkan juga nantinya dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan kegiatan bisnis perikanan di PPS Kendari. (Fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar